Usaha peningkatan kreativitas siswa (PMRI)
Kreativitas adalah suatu kondisi sikap atau keadaan yang sangat khusus sifatnya dan hampir tak dirumuskan secara tuntas. Dalam hal ini guru diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendemonstrasikan perilaku yang kreatif. Beberapa usaha yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas siswa yaitu :
- Guru mengargai hasil-hasil pikiran kreatif siswa.
- Guru respect terhadap pertanyaan, ide dan solusi siswa yang tidak biasa (unusual).
- Guru menunjukkan bahwa gagasan siswa adalah memiliki nilai yang ditunjukkan dengan cara mendengarkan dan mempertimbangkan. Pada tataran ini guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada oranglain.
- Guru harus memotivasi siswa untuk mengarah ke aktivitas yang inisiatif, karena motivasi berfungsi sebagai pendorong, penggerak dan penyeleksi perbuatan.
Atau bisa juga dengan menerapkan salah satu model
pembelajaran kooperatif yaitu Think, Write and Talk. Metode pembelajaran
ini banyak melibatkan siswa untuk berpikir kritis, berkreasi, dan bertukar
informasi serta akan terjadi kompetensi yang dinamis dalam proses pembelajaran.
Langkah-langkahya:
- Think : siswa diberi kesempatan untuk meikirkan materi / menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara individu.
- Write : siswa diminta menuliskan kembali dengan bahasa dan pemikirannya hasil dari belajar dan diskusi kelompok.
- Talk : siswa diminta aktif dalam diskusi kelompok mengenai lembar kerja yang telah disediakan, dalam tahap ini siswa diharapkan mampu berinteraksi dan saling berbagi jawaban serta pendapat dengan anggota masing-masing kelompok.
sumber:
http://www.academia.edu/3750566/Upaya_Meningkatkan_Kemampuan_Berpikir_Kreatif_Siswa_Melalui_Pengajuan_Masalah
0 komentar:
Posting Komentar